• parkerhjelm78 posted an update 1 year ago

    Kementerian Agama mengumumkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) Spesial atau biasa sebagai Haji Plus tahun 1438 H-2017 M paling sedikit sejumlah USD 8000 atau Rp 106. 984. 000, memakai kurs sentral Bank Nusantara. Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 76/2017 tertanggal 9 Februari 2017.

    Administrator Pengelolaan Gaji Haji Kementerian Agama Ramadhan Harisman menjelaskan, sesuai UNDANG-UNDANG 13/2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Peraturan Permerintahan sebuah negara 79/2012 tentang Pelaksanaan UNDANG-UNDANG 13/2008, penyelenggaraan ibadah haji khusus dijalankan oleh Tutor Ibadah Haji Khusus (PIHK).

    Paket haji plus Besaran BPIH Khusus pantas ketentuan di dalam pasal 46 ayat 1 PP 79/2012 ditetapkan menjalani Keputusan Menteri Agama (KMA). "KMA mengabulkan besaran BPIH khusus sejumlah 8000 dolar AS. Itu merupakan besaran minimal di dalam rangka pemenuhan kewajiban PIHK atas tonggak pelayanan minimum kepada orang banyak haji tertentu, " puguh Ramadhan pada keterangannya, Sabtu (11/3).

    Dari segi Ramadhan, total BPIH itu digunakan untuk membiayai 3 komponen, yakni sebesar USD 7709 untuk penyelenggaraan kebiasaan haji spesial oleh PIHK. "Dana berikut ditransfer dari rekening Menteri Agama di rekening masing-masing PIHK yang memberangkatkan masyarakat haji khusus pada tahun berjalan, " katanya.

    Ke-2, sebesar USD 277 untuk pembayaran dana layanan sudah tidak asing lagi di Arab Saudi atau yang dikenal General Service Fee (GSF), terdiri kepada tiga unsur yakni muatan pelayanan muassasah Thawafah, Adillah, dan Maktab Wukala Al Muahad sebesar 294SAR (Saudi Arabia Riyal) per permusyawaratan, dan biaya perkemahan Armina sebesar 300 SAR/jemaah, serta biaya Naqabah (layanan angkutan bus menemani kota perhajian) sebesar 348SAR.

    "Dana berikut juga ditransfer dari perkiraan menteri keyakinan ke perkiraan masing-masing PIHK yang memberangkatkan jemaah haji khusus dalam tahun lari, " jelas Ramadhan.

    Untuk biaya GSF akan dibayarkan langsung sama PIHK ke instansi terpesona di Arab Saudi. Karena menjadi salah satu persyaratan di proses pengurusan visa oleh e-haji. Unsur terakhir, sejumlah USD 14 atau sewatak dengan 50SAR adalah biaya jaminan sewa pemondokan pada Mekkah.

    "Dana ini disimpan di rekening menteri agama dan mau dikembalikan ke PIHK pasca operasional haji. Apabila tiada komplain mulai otoritas tersekat di Arab Saudi untuk layanan fasilitas jemaah haji khusus tengah di Mekkah, " demikian Ramadhan. (wah/rmol/yuz/JPG)

©2018 This site was developed and maintained by In2sight.net

Log in with your credentials

or    

Forgot your details?

Create Account

Skip to toolbar